Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Nasional

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Dipusatkan di Dumai

DUMAI | FlobamoranewsPresiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Provinsi Riau pada Sabtu, (1-6-2024). Tepat pukul 07.30 WIB, upacara dimulai dengan diawali oleh penghormatan kebesaran dan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan itu yaitu Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira. Perwira kelahiran Pekalongan, 1 April 1979 tersebut merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 2000 dan saat ini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi.

Sementara itu, bertindak sebagai perwira upacara yakni Brigjen TNI Refrizal. Perwira kelahiran Padang, 7 Desember 1968 tersebut merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1990 dan saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan.

Selepas itu, pengibaran bendera Sang Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila, sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti membacakan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa selepas pemberian amanat oleh inspektur upacara.

Tema yang diusung pada perayaan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, dengan logo berupa Sandya Taru yang berarti Pohon Persatuan. Logo ini mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Tampak hadir mengikuti upacara yakni para pimpinan lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan sejumlah tamu undangan lainnya.(BPMI)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *