Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Komunitas Nasional

Gelar Monev, DPM Unikama: Kinerja BEM harus transparan & berpihak pada Mahasiswa

MALANG | FlobamoraNews – Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada hari Jumat (28/5/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengawasi dan mengevaluasi segala bentuk program kerja (proker) yang akan dilaksanakan oleh BEM selama satu tahun masa kepengurusan.

Acara monev ini dihadiri oleh presiden mahasiswa, wakil presiden mahasiswa, para menteri, pimpinan-pimpinan DPM dan seluruh anggotanya. Am Adib ‘Abidatama, ketua pelaksana monev, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan tugas utama DPM untuk mengawasi kinerja BEM dan diharapkan tetap terjalin hubungan sinergis antara BEM dan DPM demi kemajuan Unikama.

“Dalam UU PMUK DPM memiliki wewenang melakukan pengawasan terhadap kinerja BEM, maka pada hari ini kami dari DPM mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi itu sendiri. Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi ini tentunya kami dari Dewan Perwakilan Mahasiswa sangat berharap bahwa hubungan sinergis antara DPM dan BEM akan terus selalu beriringan demi kemajuan UNIKAMA”, ujar aktivis GMNI yang akrab disapa Bung Adib tersebut.

Banyak mahasiswa yang mempertanyakan kegiatan lain dari Badan Eksekutif Mahasiswa selain menjadi lembaga eksekusi terhadap segala isu yang terjadi di tengah mahasiswa. Melihat hal tersebut, DPM merasa perlu untuk mengadakan kegiatan monev agar adanya transparansi program kerja BEM terhadap seluruh mahasiswa.

Ketua umum DPM Unikama, Bonefasius Erifan Saru, menegaskan bahwa kegiatan Monitoring dan Evaluasi program kerja BEM benar-benar transparansi bukan hanya kepada DPM tetapi kepada seluruh mahasiswa Unikama, dan segala program kerja yang akan dijalankan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Unikama.

“Sebagai Lembaga Tinggi Mahasiswa kita perlu memastikan adanya transparansi kepada seluruh mahasiswa. Segala bentuk program kerja tersebut memiliki nilai keberlanjutan, efektifitas dan memiliki dampak positif bagi mahasiswa dan seluruh masyarakat Unikama,” ujar Bonefasius.

Pemaparan Proker BEM

Rangkaian acara monev dimulai dengan pemaparan program kerja oleh wakil presiden mahasiswa. Nama kegiatan, tujuan kegiatan, dan sumber dana menjadi poin utama dalam sesi ini. Tujuannya adalah untuk menunjukkan komitmen BEM dalam menjalankan tugasnya bukan untuk kepentingan suatu golongan tetapi untuk kepentingan Mahasiswa Unikama.

Sesi Tanya Jawab

Sesi Tanya Jawab menjadi wadah interaktif bagi para anggota DPM dan BEM untuk mengajukan pertanyaan terkait progres dan pencapaian program kerja. Tujuan dari sesi ini adalah untuk mendapatkan klarifikasi dan pemahaman lebih lanjut terkait dengan laporan yang telah disampaikan, memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan.

Pemantapan Sinergi Antar Sesama Lembaga Tinggi Mahasiswa 

Harapannya acara monev ini tidak hanya berfokus pada monitoring dan evaluasi kinerja, tetapi juga menekankan Pemantapan Sinergi Antar sesama Lembaga Tinggi Mahasiswa. Sesi diskusi diadakan untuk memastikan sinergi antar BEM dan DPM dalam mencapai tujuan bersama. Identifikasi potensi kerja sama dan tindak lanjut menjadi langkah penting dalam memperkuat kolaborasi di masa yang akan datang. (IM)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *