BNPT Perkuat Sistem Pengamanan Fasilitas Publik IKN Jelang HUT ke-79 RI

PENAJAM PASER UTARA | FlobamoraNewsBadan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memperkuat sistem pengamanan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menyinergikan aparatur pemerintah dan pengelola fasilitas publik di sekitar kawasan tersebut.

“Kita menyinergikan, menyinkronkan supaya visi dan misinya sama untuk pencegahan radikal terorisme terutama untuk fasilitas publik, venue -venue yang akan dipakai saat acara oleh peserta, delegasi, duta besar dari luar negeri, serta tamu VVIP agar gelaran berlangsung aman,” ujar Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengamanan Lingkungan BNPT, Kolonel Laut Setyo Pranowo, dalam keterangannya terkait acara Rapat Koordinasi Perlindungan Fasilitas Publik dan Pemerintahan dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan HUT ke-79 RI di Balikpapan pada Jumat (5/7/2024).

Menurut Setyo, sinergi antar lembaga ini akan meningkatkan keamanan wilayah Kalimantan Timur dari potensi ancaman teror.

“Kita harus sukseskan dan amankan dari ancaman radikal terorisme di wilayah Kalimantan Timur, tidak hanya di tempat IKN saja tetapi wilayah penyangganya juga penting untuk kita amankan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Daerah Kaltim, Brigjen TNI Aldrin Ali Bahasoan, mengungkapkan, kegiatan ini menjadi wadah untuk saling berbagi data dan menganalisa ancaman secara terpadu.

“Disini kita secara bersama – sama difasilitasi oleh BNPT, intinya adalah kita secara terpadu saling sharing data menganalisa kemungkinan ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan) yang akan ada, terutama dalam hal terorisme,” ucapnya.

Aldrin optimistis asesmen yang dilakukan BNPT sudah lengkap, akurat dan detail hingga ke perbatasan.

“Saya yakin asesmen yang telah dilakukan BNPT sudah lengkap, sudah akurat baik secara akses hingga jalur atau yg kita sebut lubang tikus di perbatasan,” tegasnya.

Selain Badan Intelijen Negara (BIN) Kalimantan Timur, turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda), Badan Otorita IKN serta sejumlah pengelola fasilitas publik di Samarinda dan Balikpapan.

Sekedar informasi, sepanjang 2023, BNPT telah melaksanakan Sosialisasi dan Asesmen pada 14 Fasilitas Publik Bidang Kepariwisataan, 11 fasilitas publik bidang pelayanan publik, dan tujuh fasilitas publik bidang keramaian tertentu.(Hms)

Redaksi

Portal berita online regional Flores Sumba, Timor, Rote, Sabu, Alor, Lembata, Adonara (Flobamora)

http://flobamoranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *