Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Humaniora Regional NTT

Uskup Emeritus Atambua Berpulang

Atambua | FlobamoraNews – Kabar dukacita datang dari Keuskupan Atambua yang pada Sabtu (6/1/2024) pagi, secara resmi menyatakan berpulangnya Uskup Emeritus Keuskupan Atambua, Mgr. Antonius Pain Ratu SVD.

Mgr. Antonius Pain Ratu SVD, menghembuskan nafas terakhir dengan tenang pada pukul 10.15 WITA di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, dalam usia 95 tahun.

Kabar duka berpulangnya pendiri suster tarekat Maranatha ini diumumkan secara resmi oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Atambua, Pater Vincentius Wun, SVD.

Sementara, Kepala RSUD. Mgr. Gabriel Manek, SVD, drg. M. Ansilla F. Eka Mutty menerangkan bahwa Bapa Uskup Emeritus Mgr. Antonius Pain Ratu, SVD, mengalami gangguan paru-paru dan pernapasan. “Bapa Uskup Emeritus mengalami sakit gangguan paru-paru dan pernapasan. Kami sudah berusaha dengan tim dokter namun Tuhan lebih berkuasa atas kehidupan ini,” terang Eka Mutty.

Mgr. Antonius Pain Ratu SVD, lahir di Adonara pada tanggal 2 Januari 1929. Almarhum mulai menjabat sebagai Uskup Atambua mulai 3 Februari 1984 hingga pengunduran dirinya diterima pada 2 Juni 2007 karena faktor usia.

Almarhum merupakan salah satu dari 13 Uskup Emeritus yang ada di Indonesia, dan dari sisi usia merupakan yang paling senior diantara rekan-rekan sejawatnya tersebut.

Menurut rencana, jenasah almarhum Uskup Emeritus Atambua, Mgr. Antonius Pain Ratu SVD akan dibawa ke aula St Dominikus Emaus untuk disemayamkan dan kemudian misa pemakaman akan dilakukan pada 9 Januari 2024 bertempat di Katedral Atambua. (Bud)

 

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *