Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Gaya Hidup Humaniora Komunitas

‘Internet Super Cepat, Gratis, dan Merata’ Ganjar-Mahfud, Pakar Ilmu Komunikasi: Dibutuhkan untuk Peningkatan Kualitas SDM

Pada era digital saat ini, nyatanya kemudahan mengakses internet di Indonesia belum merata. Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, akan memberikan akses internet super cepat gratis untuk seluruh pelajar di Indonesia melalui program unggulan ‘Internet Super Cepat Gratis, dan Merata’.

“Kuota internet bulanan gratis itu untuk belajar. Tidak untuk main game atau bermain-main. Nah, agar kuota itu tidak disalahgunakan, memang semestinya diawasi,” katanya.

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD juga akan memberikan smartphone atau laptop untuk para pelajar, guna menunjang pembelajaran dan pengembangan diri mereka. Nantinya program tersebut akan diberikan kepada pelajar di sekolah-sekolah seluruh Indonesia guna mendukung kemajuan dunia pendidikan.

Ganjar mengakui internet sudah menjadi kebutuhan dasar, terutama pelajar untuk berkomunikasi, belajar, hingga berkreasi. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan olehnya.

“Pelajar akan mendapatkan kemudahan, karena kalau kita tanya kepada keluarga yang kurang mampu, ya membeli kuota itu cukup mahal ya dan mereka membutuhkan itu. Karena setelah pandemi ada banyak tugas yang mesti diselesaikan dengan menggunakan fasilitas digital, makanya inilah yang mendorong kita untuk membikin internet gratis,” papar Ganjar.

Selain akan memberi kuota internet dan smartphone atau laptop gratis, Ganjar-Mahfud juga akan memperluas sekaligus mempercepat pembangunan infrastruktur digital. Sehingga internet nantinya akan memiliki kecepatan tinggi dan merata di seluruh Indonesia.

“Mosok internet di negara kita kalah cepat dibanding negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Sama Singapura kalah, sama Malaysia juga kalah, bahkan dengan Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar sampai Laos pun kita kalah. Kan ngisin-ngisini, (malu-maluin. red.)” katanya.

2 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *