‘Internet Super Cepat, Gratis, dan Merata’ Ganjar-Mahfud, Pakar Ilmu Komunikasi: Dibutuhkan untuk Peningkatan Kualitas SDM

“Kasihan juga kalau sekarang masih banyak dulur (saudara, red.) kita di Indonesia yang belum bisa akses internet. Padahal, internet itu penting untuk macam-macam keperluan. Untuk mbantu belajar, mbantu dodolan (berjualan, red.) dan lain-lain. Njih (iya, red.) to?,” ujarnya.

Pemberian internet gratis tersebut merupakan 1 dari 9 program unggulan paslon nomor urut 03, Ganjar-Mahfud yakni. Pemberian smartphone atau laptop dan akses internet gratis tersebut diberikan untuk siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan madrasah di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan belajar dan mengurangi kesenjangan digital.

Program Ganjar ini rupanya dinilai memberi banyak manfaat. Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga, Prof Dr Henri Subiakto, membeberkan bahwa program internet gratis ini lebih baik daripada program makan gratis.

“Program Ganjar yaitu internet gratis plus plus ini jelas lebih baik daripada program makan gratis. Program internet gratis untuk peningkatan kualitas SDM masa depan menghadapi dunia global berbasis digital, ini sangat dibutuhkan generasi muda untuk masa depan,” katanya.

Henri membayangkan, program ini dapat memberikan layanan gratis semacam WiFi di seluruh sekolah-sekolah, perguruan tinggi, pesantren, taman-taman kota, dan co-working space (ruang kerja bersama) di seluruh Indonesia.

“Yang penting pemerintahan baru nanti bisa lebih tegas menjaga bersihnya internet dari konten-konten yang melanggar UU, seperti penipuan, judi, pornografi dan lain-lain. Pemblokiran konten negatif harus lebih efektif. Itu program yang ditunggu-tunggu masyarakat,” tuturnya.

Dia mengatakan, harus ada perubahan yang signifikan terkait dengan regulasi untuk meningkatkan digital sovereignity, kedaulatan digital yang mampu mengatur secara efektif platform global yang sekarang sulit diatur. Terutama mengembalikan semua data pribadi orang Indonesia di dalam negeri.

“Ganjar-Mahfud sebagai orang hukum dan berpengalaman pasti mampu meningkatkan kemampuan ini. Jadi selain penataan regulasi, juga peningkatan kualitas SDM. Ini bisa lewat program beasiswa maupun pelatihan digital bagi kalangan pejabat, profesional maupun level manajer,” imbuhnya.(GMC)

Redaksi

Portal berita online regional Flores Sumba, Timor, Rote, Sabu, Alor, Lembata, Adonara (Flobamora)

http://flobamoranews.com

2 thoughts on “‘Internet Super Cepat, Gratis, dan Merata’ Ganjar-Mahfud, Pakar Ilmu Komunikasi: Dibutuhkan untuk Peningkatan Kualitas SDM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *