Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Internasional

Balas Israel, Iran Luncurkan Drone dan Tembakkan Rudal

KUPANG | Flobamoranews – Republik Islam Iran mulai melakukan serangan balasan atas tindakan Israel yang menyerang kantor diplomatik Iran di Syiria yang menewaskan 13 orang di awal April ini, dimana 2 orang diantaranya adalah perwira tinggi angkatan bersenjata Iran.

Dihimpun dari berbagai sumber, dalam melakukan serangan balasan ini Iran mengonfirmasi telah meluncurkan puluhan pesawat nirawak dan rudal ke arah Israel di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara pascaserangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus.

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan bahwa pihaknya menembakkan puluhan drone dan rudal ke arah Israel sebagai tanggapan atas sikap permusuhan yang dilakukan Israel.

Sementara, Juru Bicara Militer Israel Daniel Hagari mengatakan sejumlah drone tersebut membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai sasaran di Israel. Hagari menyebutkan bahwa akan ada gangguan pada sistem navigasi (GPS) ketika militer berupaya mencegat drone Iran.

Untuk diketahui, sebanyak 13 warga Iran tewas akibat serangan rudal terhadap Konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024. Teheran pun menyalahkan Tel Aviv atas serangan itu. Di antara korban yang tewas adalah Jenderal Mohammad Reza Zahedi, perwira senior IRGC di Suriah dan Lebanon, serta wakilnya, Jenderal Hadi Haj Rahemi.

Pasca serangan Israel ini para pemimpin tinggi dan militer Iran berjanji akan memberikan “tanggapan yang tegas”.

Saat perayaan Idul Fitri di Teheran pada Rabu (10/4) lalu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Israel “akan dihukum” atas serangan itu.

Sejumlah ahli mengatakan serangan Iran kemungkinan akan memicu konflik regional jika Israel membalas.

Sedangkan angkatan bersenjata Israel (IDF) mengatakan pasukannya dalam status siaga tinggi menyusul serangan Iran.

“Kesatuan Tempur Pertahanan Udara IDF dalam keadaan siaga tinggi, bersama dengan jet tempur IAF dan kapal Angkatan Laut Israel yang sedang menjalankan misi pertahanan di ruang udara dan laut Israel. IDF memantau semua target,” demikian pernyataan militer Israel.(Ant).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *