Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Nasional

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Siklon Tropis Anggrek

Jakarta | FlobamoraNews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta pada 16 Januari 2024 sekitar pukul 01.00 WIB mengindetifikasi adanya pembentukan satu siklon tropis di sekitar Samudera Hindia tepatnya di sebelah barat daya Bengkulu. Selain itu TCWC Jakarta juga mengidentifikasi adanya satu bibit siklon di sekitar utara Australia.

“Siklon tropis Anggrek tumbuh di area tanggung jawab TCWC Jakarta pada tanggal 16 Januari 2024 pukul 01.00 WIB, sehingga sesuai dengan peraturan internasional yang berlaku maka siklon tropis tersebut diberikan nama yang dikeluarkan oleh TCWC Jakarta,” ujar Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG melalui keterangan tertulisnya yang diterima FlobamoraNews.comSelasa (16/1/2024) siang.

Berdasarkan data tanggal 16 Januari 2024 pukul 07.00 WIB, Sistem siklon tropis Anggrek berada pada posisi 9.4° LS, 93.3° BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 40 knot (75 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 995 hPa. “Diperkirakan intensitas siklon tropis Anggrek masih cukup meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah tenggara.” ungkap Guswanto.

Ia menambahkan bahwa siklon tropis Anggrek dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia dalam 24 jam ke depan.

Ada pun dampak tidak langsung ini berupa tinggi gelombang antara 1.25 – 2.5 meter di Samudra Hindia bagian barat, Kep. Nias, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, serta Selat Sunda bagian selatan. Sementara tinggi gelombang antara 2.5 – 4.0 meter akan terjadi di perairan Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Perairan Kep. Enggano, serta Samudra Hindia Selatan Banten.(Bud).

 

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *