Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Beranda Internasional Nasional

C 130J Super Hercules TNI AU Diterbangkan Menuju Indonesia

Jakarta | FlobamoraNews – Pesawat C 130J Super Hercules, TNI AU dengan nomor register A-1344, pada Kamis (17/1/2024) WIB atau Rabu 16 Januari 2024, pukul 09.00 waktu setempat diterbangkan menuju Indonesia.

Penerbangan menuju tanah air ini dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 31, Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Kasiopslat Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Pnb Chandra Danang Jaya, dan Kaflight Line 1 Flighthar Skadud 31 Kapten Tek Barry Yoga Patria.

Penerbangan menuju ke tanah air ini melalui beberapa etape, dimana pada etape pertama ini A-1344 dengan nama call sign “Rajawali-44” menjalani terbang dari pabrik di Marietta, Georgia ke San Diego, California. Dan dalam perjalanannya Rajawali-44 melintasi beberapa lokasi ikonik seperti area perbukitan Green Canyon.

Saat rencana awal, penerbangan akan dilakukan pada ketinggian 28.000 kaki. Namun, saat ditengah-tengah penerbangan, pihak Air Traffic Control (ATC) memerintahkan pesawat untuk naik pada ketinggian 30.000 kaki.

Tantangan dan kesulitan yang dialami adalah saat Rajawali-44 mulai terbang dan akan masuk pada ketinggian 10.000 kaki yang mana saat itu Rajawali-44 menghadapi cuaca buruk. Ketika terbang dalam keadaan hujan dan suhu ekstrem ini, seluruh awak pesawat melaksanakan prosedur Cold Weather Operation Procedure ketika take-off. Setelah Rajawali-44 melewati ketinggian 10.000 kaki barulah Rajawali-44 berhasil keluar dari kondisi cuaca ekstrem.

Keputusan menaikkan ketinggian terbang ini memaksa pesawat untuk menghadapi kondisi head wind dengan kecepatan berkisar antara 100 hingga 137 knot, yang menyebabkan keterlambatan dalam perjalanan. Penerbangan yang seharusnya ditempuh dalam waktu 6 jam dan 12 menit ternyata diselesaikan dalam waktu 7 jam 12 menit.

Akhirnya pesawat C-130J Super Hercules TNI AU yang keempat dengan tail number A-1344 ini berhasil menyelesaikan perjalanan etape pertama ke tanah air dari pabriknya Marietta, Georgia, menuju San Diego, California. Meskipun menghadapi tantangan cuaca tersebut, kru pesawat tetap tenang dan terampil (Gen).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *