Portal beritanya warga Nusa Tenggara Timur

Regional NTT Beranda Komunitas

Peduli Korban Erupsi, Mahasiswa PPG Undana Gelar Aksi Kemanusiaan

Kupang | FlobamoraNews – Erupsi gunung berapi Lewatobi Laki-laki yang dialami oleh warga Larantuka, Flores Timur telah menggerakkan empati yang mendalam dalam diri para mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Nusa Cendana, Kupang. Tergerak oleh empati yang mendalam ini, para mahasiswa menggelar penggalangan dana di lingkungan kampus.

Dalam pantauan FlobamoraNews, aksi kemanusiaan yang diusung dengan tagline #UndanaPeduli dan #SolidarityForHumanity ini diikuti puluhan mahasiswa dari PPG Prajab kelas IP-2 dan beberapa mahasiswa reguler yang tergabung.

Ketua Tingkat kelas IP-2 sekaligus Koordinator Aksi, Ignasius Wandelinus Manek mengatakan, aksi ini adalah bentuk rasa kemanusiaan, karena ini adalah cara terbaik untuk mengimplementasikan teori yang dienyam dalam ruang perkuliahan. “Dan kami tergugah untuk saling membantu kepada sesama,” terang Bung Iwan alumni GMNI Malang tersebut.

Bung Iwan mengapresiasi partisipasi seluruh civitas akademika Universitas Nusa Cendana Kupang dalam menyambut aksi penggalangan dana tersebut.

Sambung Bung Iwan, “sebagaimana dikatakan Ki Hadjar Dewantara Ing Ngarso Sung Tuladha, maka sebagai calon guru yang nantinya ‘digugu lan ditiru‘ maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengasah kepekaan sosial. Bahwa pendidikan tidak hanya berkewajiban mempertajam kecerdasan, tetapi juga memperkuat kemauan dan memperhalus perasaan,” ujarnya dengan penuh semangat.

Selain itu, Pemuda yang juga merupakan Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Kabupaten Malaka itu turut menyoroti konsep kurikulum merdeka. Bahwa gerakan ini juga merupakan implementasi konkret dari alur perkuliahan menggunakan alur Merdeka terutama konsep Aksi Nyata.

“Mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif dalam masyarakat. Inilah esensi pendidikan yang kami bawa ke dalam dunia nyata,” tambahnya.

Iwan mengatakan, hasil penggalangan dana akan langsung disalurkan kepada mereka yang terdampak erupsi gunung Lewotobi Laki-laki. Ia juga berharap agar aksi kemanusiaan yang dilakukan bersama teman-temannya dapat bermanfaat bagi warga terdampak.

“Semoga bantuan dari kami dapat bermanfaat bagi para korban maupun warga terdampak,” Tutupnya.(Iwan)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *